Selasa, 07 September 2010

SANG PENCERAH (my review)

Kali ini sutradara Hanung Bramantyo akan membawa kita mengenal lebih dekat seorang tokoh islam nasional sekaligus pendiri muhammadyah KH. Ahmad Dahlan. Tidak mudah dan merupakan tantangan besar bagi hanung untuk menghidupkan kembali tokoh ini karena akan banyak besentuhan dengan hal-hal yang sensitif. Sepertinya untuk menghindari hal tersebut film ini lebih menonjolkan sisi humanis sang tokoh dan menghindarkan kesan pengkultusan kepada seorang pemimpin, dimana Ahmad Dahlan adalah seorang manusia biasa yang bisa merasakan kecewa, marah saat didzolimi dan membutuhkan orang lain saat kondisinya terpuruk. Kisahnya berfokus pada masa remaja sampai dengan membentuk muhammadyah yang didirikan pada tahun 1912, masa kurun dimana KH ahmad dahlan dengan dibantu 5 muridnya berjuang meluruskan ajaran islam yang telah melenceng dari syariat islam dan berjuang membebaskan masyarkatnya dari kebodohan.

Selain dari sisi cerita yang menarik dengan dialog-dialog sarat makna, patut diacungi jempol untuk tim artistik, tata busana, sinematografi yang berhasil menghadirkan suasana lanskap kota Jogjakarta di era tahun 1900 lengkap dengan pernak-perniknya. Begitupula penata musik garapan tya subyakto yang ikut mengentalkan nuansa era masa itu. Kolaborasi akting dari artis junior seperti Ihsan Idol dan giring nidji bermain begitu cemerlang dan berhasil mengimbangi permainan seniornya seperti lukman Sardi, Slamet Rahardjo dan terlihat begitu kompak.
Sedikit yang membuat saya bingung adalah korelasinya dengan perguruan Budi Oetomo, tapi saya berkesimpulan sendiri kalau perguruan tersebut hanyalah bahan inspirasi dan motivasi Ahmad Dahlan untuk mendirikan Muhammadyah.

Dari sejarah menunjukan bahwa praktik kekerasan sejak dahulu memang sudah ada dan menunjukan bahwa manusia tanpa ada pemahaman sesuatu mudah sekali diprovokasi dan setiap ada pembaruan meskipun itu menuju kearah yang lebih baik akan selalu ditentang.

Secara keseluruhan film berdurasi 112 menit berhasil disajikan dengan efektif sebagai sebuah tontonan yang menghibur yang sarat makna sekaligus inspiratif.

RATING

1 Comentário:

Bang Mupi mengatakan...

Film keren nih :D

Posting Komentar

Daftar Blog Teman

pump up your life

E2P © 2008 Template by Dicas Blogger.

TOPO