Kamis, 10 November 2011

THOR

Disaat prosesi pengangkatan Thor (Chris Hemsworth) menjadi raja oleh Odin (Anthony Hopkins) ayahnya, saat itu pula beberapa orang dari bangsa Giant Frost menyelusup berniat mencuri sebuah benda sumber kekuatan. Hal ini membuat murka Thor, tanpa sepengetahuan ayahnya, thor dan Loki, Adiknya beserta teman-temanya meyerang dan memporak-pondakan Jotunheim tempat bangsa Giant Grost bermukim. Sekembalinya Odin Marah, rupanya Thor yang mempunyai sifat egois, arogan dan sombong tidak terima. Akhirnya Odin mengurungkan niat mengangkat Thor jadi raja dan melucuti segala kekuatan sakti mandraguna dan dibuang kebumi. Di bumi thor ditemukan ilmuan cantik bernam Jane (Natalie Portman).

Di sisi lain sang adik Loki (Tom Hiddleston) yang semenjak kecil memendam cemburu dan iri berniat menguasai tahta kerajaan. Kegalauan Loki memuncak tatkala baru menyadari bahwa dia adalah keturunan dari bangsa Giant frost yang diangkat anak oleh Odin. 

Film yang diangkat dari sebuah komik Marvel tahun 1966 oleh Paramount dan Marvel Studio dihadirkan sebagai sebuah bagian dari parade superhero bersama Iron Man, Captain America dan Hulk yang nantinya akan bergabung dalam sebuah film yang merupakan proyek ambisius marvel Studios bertajuk Avengers yang rencananya dirilis tahun 2012. 

Ekspektasi saya akan film ini tidak berlebihan selain Thor adalah superhero yang tidak begitu popular film ini dibuat oleh sutradara yang tidak begitu terkenal, Kenneth Branagh. Karyanya jauh dari nuansa penuh hingar bingar dan special effect yang dashyat. Karya yang cukup dikenal adalah film-film yang didaptasi dari karya William Shakespeare, seperti Henrry V (1989) dan Hamlet (1996) itupun dianggap beberapa kalangan dinilai biasa-biasa saja. Setelah menonton hasilnya diluar dugaan Kenneth berhasil mematahkan keragu-raguan saya akan film ini. Kenneth berhasil menggabungkan sebuah cerita mitologi kuno dengan kisah modern. Alur cerita dibangun cukup sederhana dan ringan. Pembentukan jatidiri seorang thor dari seorang anak dewa yang nantinya jadi seorang superhero pembela umat manusia dibumi cukup baik. Agak berbeda dengan superhero lainnya, Thor bukanlah tentang pertempuran antara si baik dan si jahat tapi lebih kepada pencarian jatidiri dan perselisihan, kecemburuan antara dua kakak beradik. 

Salut buat departemen artistik yang berhasil membuat sebuah Settingan dunia kayangan asgard dibangun terlihat megah, futuristik tanpa meninggalkan ciri khas sebagai sebuah kerajaan yang berasal mitologi kuno. Visual effect dan adegan penghancuran New Mexico oleh robot penjaga terlihat tidak begitu berlebihan tapi setidaknya bisa memanjakan mata penonton. Tapi sayang adegan perkelahian antara bangsa Giant Frost dan Thor, maupun perkelahian Thor dan loki terlihat kurang jelas. Sepertinya Eksplorasi koreografinya kurang optimal. 

Fisik yang tinggi besar dari Aktor yang tidak begitu dikenal sebelumnya (Chris Hemsworth) sangat pas menjadi sosok Thor, Aktor kawakan Antony Hopkins sudah tidak diragukan lagi kemampuannya sebagai seorang raja yang berwibawa. Sementara aktris yang terpilih sebagai aktris terbaik di piala oscar beberapa waktu yang lalu lewat Black Swan, Natalie Portman malah terbilang biasa-biasa saja, tapi kehadirannya cukup pembawa film ini lebih manis. Lumayan mecuri perhatian adalah penampilan dari Tom Hiddleston sebagai Loki karakter yang misterius, kelam, pribadi yang penuh tragedy, penuh dendam dibawakan sangat baik, tapi sayang di Thor ini belum tergali sepenuhnya. Maka tak heran Marvel Studio akan menghadirkan kembali sosok Loki di Avenger siapa tahu porsinya akan lebih banyak lagi. 

Mungkin ini sebagai sebuah syarat, tak lupa Kenneth memasukan elemen-elemen yang menjadi clue bahwa film ini punya satu keterkaitan dengan film superhero lainnya seperti kehadiran Jeremy renner sebagai cameo yang nantinya akan menjadi Hawkeye atau terlemparnya tameng milik salah satu teman Thor sewaktu melawan robot penjaga yang nantinya menjadi tamengnya captain America. Kenneth berhasil memberikan “tongkat estapet” kepada Joss Whedon dengan baik untuk menuju sebuah film blockbuster yang sangat dinantikan di tahun 2012. 

Seja o primeiro a comentar

Posting Komentar

Daftar Blog Teman

pump up your life

E2P © 2008 Template by Dicas Blogger.

TOPO