Rabu, 09 Juli 2008

Motivasi "Bisnis" Sewaktu Masih Bocah

Beberapa hari ini di halaman kantor terlihat seorang bocah usia 11 tahun mondar-mondir menjajakan minuman es teh manis dalam kemasan cup plastik merk "TP". tanpa sungkan-sungkan dia menawarkan ke setiap orang yang lewat dihadapannya. Udara yang panas cukup membantu dia mempermudah jualannya. Selain itu bisa jadi orang2 beli karena belas kasihan atau karena kegigihan tuh bocah, Untuk melepas dahaga cukup merogoh kocek Rp. 2500/cup.

Di sela-sela waktu kosong, saya coba ini bocah "interview" lebih dalam. Dia jualan es teh manis sudah 3 minggu, sebelumnya jualan kue. menurut dia jual minuman lebih cepet dan lebih menguntungkan. Disaat libur sekolah bisa menghabiskan 50 cup /hari. tapi kalo lagi pas sekolah hanya terjual separonya kurang lebih 20 cup/gelas karena paginya harus sekolah. keuntungan buat dia Rp. 500/cup. jadi keuntungan rata-rata 10.000-25.000/hari. lumayan gede untuk seumur 11 tahun. kendala yang dihadapi suka diusir oleh sesama pedagang minuman yang usianya lebih tua dari dia. Wilayah jualannya sekitar wahid hasyim s.d Sarinah.

Keuntungan dia dapat digunakan untuk membiayai sekolah selain untuk uang jajan. Kebetulan tahun ini tuh bocah masuk SMP kelas 1.

Saya pribadi, salut dengan apa yang dilakukan bocah ini. diusia yang masih anak2 harus berjuang sendiri cari uang untuk membiayai sekolah. tanpa disadari ini mendidik anak untuk mandiri.

Sedikit berbeda apa yang dilakukan saya semasa kecil. Sekitar tahun 1983, Saat tinggal di Bandung waktu itu usia menginjak 12 tahun kelas 1 SMP, mencoba "bisnis" juga jadi calo tiket bioskop misbar di wilayah Cicadas tepatnya di bisokop Ramayana (sekarang sudah tutup dan dijadikan toko onderdil mobil). saya memilih bioskop Ramayana selain karena lokasi deket rumah, bioskop ini khusus memutar film-film silat mandarin yang memang lagi laku-lakunya pada masa itu.

"bisnis" ini saya jalankan setiap malam minggu. saat itu tiket yang dijual kalo engga salah Rp. 250,- dan dijual ke calon penonton Rp. 275. dalam semalam bisa terjual rata-rata 10 tiket
Keuntungan didapat dlm semalam yah rata-rata Rp. 250,-. lumayan... untuk menjajakan tiket saya harus bersaing dengan orang2 yang lebih dewasa. Mungkin juga orang beli tiket ke saya karena kasihan.

Motivasi saya "bisnis Calo Tiket" berbeda dengan bocah yang saya ceritakan diatas. keuntungan yang saya dapat dibelikan lagi tiket untuk keperluan saya nonton... yah emang dari kecil hobi saya nonton film.

ini berlangsung tidak lama karena ketahuan ortu.........

Seja o primeiro a comentar

Posting Komentar

Daftar Blog Teman

pump up your life

E2P © 2008 Template by Dicas Blogger.

TOPO