Selasa, 27 Oktober 2009

"9" BONEKA KARUNG


Film animasi bertajuk “9” sepertinya tidak mengandung makna apa-apa kecuali tokoh dalam film tersebut berupa boneka yang terbuat dari karung yang dinamai “Stitchpunk” yang berjumlah 9 boneka. Dengan tema di masa post-apocalyptic dimana dunia hancur lulu lantah dan kaum manusia musnah oleh serangan mesin yang dinamakan "Great Machine". Sebelum serangan terjadi seorang professor telah menciptakan dan menghidupkan kesembilan boneka ini. Berawal dari boneka no 9 sedang mencari tempat bersembunyi dari kejaran mesin dan bertemu dengan kelompok boneka lainnya terdiri dari “2” sang veteran, “3” sang penemu, “4” si kembar, “5” sang insinyur, “6” seniman, dan “7” sang pejuang, merasa senasib akhrinya mereka bersatu untuk untuk mengalahkan “The Great Machine”. Tapi niat mereka ditentang oleh “1” yang selama ini jadi pemimpin. Dia lebih cendrung bersembunyi dan mempertahankan diri. Berhasilkah misi mereka?




Film animasi ini awalnya sebuah film berdurasi pendek karya Shane Acker yang dibuat untuk tugas akhir kuliahnya di Universitas California dan pada tahun 2005 masuk nominasi sebagai The Best Animated Short di ajang piala oscar. Sineas eksentrik Tim Burton tertarik dengan film ini, akhrinya bekerjasama dengan sutradara asal rusia Timur Bekmambetov bersedia memproduseri film tersebut menjadi film panjang dan penulisan skenario dibantu oleh Pamela Pettler.


Yang menarik dari film ini adalah animasi yang ditampilkan begitu detail dan sempurna beda dengan animasi karya pixar yang penuh dengan warna cerah, warna yang ditampilan kelam, warna coklat, abu-abu dan hitam begitu dominan. Ini merupakan ciri khas dari semua karya-karya animasi Tim Burton. Disain mahluk-mahluk yang diciptakan sangat unik dan masing-masing tokoh sangat jelas karakternya. Menariknya lagi kesembilan karakter ini disuarakan oleh aktor-aktor papan atas. “1” (Christopher Plummer), “2” (Martin Landau), “5” (Jhon C. Reilly), “6”(Crispin Glover), “7” (Jennifer Connelly) dan “9” (Elijah Wood).
Tapi sayang kekurangan film ini dialog dan ending yang kurang menggigit sehingga mudah untuk dilupakan. Tapi bagimanapun juga kita bisa menarik pelajaran dari film ini yaitu untuk mencapai hasil yang maksimal selain dibutuhkan keberanian, percaya diri, pengetahuan tapi dibutuhkan pula solidaritas, kesetiakawanan, dan kerjasama.

Satisfactions 75%

2 Comentários:

Anonim mengatakan...

kayaknya yang "6" adalah orang gila deh. apalagi kalau dicocokin sama seragamnya yang mirip seragam RSJ

lovely lulu mengatakan...

aku suka banget film ini. beberapa bulan setelah tak sengaja menonton tayang ulangnya di tv, seorang teman memperkenalkan ilmu psikologi bernama Enneagram dimana kepribadian manusia terbagi menjadi 9 Tipe. Tipe 1 Perfeksionis, Tipe 2 Penolong, Tipe 3 Pengejar Prestasi, Tipe 4 Romantis, Tipe 5 Pengamat, Tipe 6 Pencemas, Tipe 7 Petualang, Tipe 8 Pejuang, dan Tipe 9 Pendamai.

Posting Komentar

Daftar Blog Teman

pump up your life

E2P © 2008 Template by Dicas Blogger.

TOPO