Senin, 26 Oktober 2009

INGLOURIOUS BASTERDS

Di masa perang dunia kedua tentara jerman berhasil menduduki negara perancis. Kala itu salah satu tujuan tentara jerman adalah menangkap dan menghabisi warga berdarah yahudi yang dipimpin oleh Kolonel Hans Landa (christoph Waltz). Adalah Shossanna Dreyfus (Melanie Laurent) yang selamat dan sekaligus menjadi saksi mata atas pembantaian terhadap keluarganya. Shossana berhasil melarikan diri dan beberapa tahun kemudian dia menjadi seorang pengusaha bioskop dan berganti nama menjadi Emmanuelle Mimieux. Di sisi lain ada Sekelompok yang terdiri dari 8 tentara yahudi yang menamakan diri Inglourious Basterds yang dipimpin oleh Letnan Aldo Rhein (brad Pitt). Kelompok ini terkenal kejam dan sulit untuk ditangkap sehingga membuat geram Hitler. Setiap aksinya mereka selalu mengupas kulit kepala tentara nazi. Aksi Kelompok Basterd ini dibantu juga oleh sorang mata-mata asal inggris Bridget Von Hammersmark (Diana Krueger).



Salah satu petinggi Nazi Joseph Goebbels (Slyvester Groth) berencana mengadakan pemutaran perdana film berbau propaganda berjudul “A Nation Pride” yang akan dihadiri oleh petinggi-pertinngi nazi termasuk Hitler. Rencananya pemutaran film ini dilakukan di Ritz, berkat bujukan Fredrick Zoller (Daniel Bruehl) seorang serdadu Nazi yang menjadi idola diantara tentara nazi yang mulai menyukai Shosanna supaya dialihkan ke gedung bioskop milik Shosanna. gedungnya lebih kecil dengan alasan lebih eksklusif dan Goebbels setuju. Inilah kesempatan besar buat Shosanna untuk membalas dendam terhadap tentara Nazi. Mengetahui hal ini, kelompok bastards juga menyusun rencana untuk membantai petinggi-petinggi nazi termasuk Hitler. Berhasilkah Mereka?


Film yang disutradarai Quentin Tarantino ini terbilang unik dengan ciri khas seperti di film Kill Bill, terbagi dalam beberapa bab (Chapter) dan opening scene dengan musik latar mirip-mirip film western era 70-an. Pengambilan gambar yang detail serta dialog-dialog yang panjang tapi padat berisi, cerdas membuat kita tidak bosan bahkan dengan durasi yang hampir 2,5 jam tak terasa. Selain itu ditambah karakter dan tokoh rekaan ini dibawakan dengan sangat baik oleh aktor-aktris yang tak diragukan lagi kepiawaannya dalam berakting. Yang paling menonjol adalah karakter Hans Landa yang dibawakan aktor kelahiran Vienna Austria Christoph Waltz, seorang “Jew Hunter” yang piawai mengintimidasi dan menginterogasi dengan cara yang cerdik tapi kejam, Two Thumbs for him… tapi sayang adegannya kurang gory serta Penampilan Brad Pitt dengan logat teneesse terasa kurang tidak seperti yang ditraillernya.

Aldo Rhein :“Each and every man under my command owes me one hundred Nazi scalps... and I want my scalps!”


Satisfactions 85%

5 Comentários:

Anonim mengatakan...

setuju. yang maen jadi kolonel landa mantap banget. denger2 udah dapat penghargaan ya dia... calon oscar bisa gak ya...

e2p mengatakan...

yup dia pernah menyabet penghargaan sbg aktor terbaik dibeberapa festival kalo engga salah di Cannes gitu. gw jg berharap dia masuk nominasi di oscar 2010..btw makasih udah mampir di blog saya :):)

Bang Mupi mengatakan...

ya film yang unik.

Gua suka adegan awal, di bar dan adegan Shosanna di bagian akhir.
Landa ok banget, apalagi waktu menginterogasi. Walau terakhir kurang keliatan "kehebatannya"

e2p mengatakan...

yup bang.. shosanna yang diruang proyektor... mmh memorabel... saling tembak dengan slow motion dengan musik latar lagu melow.. mmh jadi inget di watchmen...

hsd mengatakan...

film ini keren...but, something missed..gore-nya kurang kali hehehe..tapi Christoph waltz-nya emang superb, calon oscar

Posting Komentar

Daftar Blog Teman

pump up your life

E2P © 2008 Template by Dicas Blogger.

TOPO