Selasa, 20 Juli 2010

INCEPTION (my Review)

Dom Cobb (Leonardo Dicaprio) adalah seorang pencuri yang sangat handal dan menjadi buronan perusahaan Cobol. Profesi yang dilakoni Cobb dilakukan dengan dengan cara yang sangat unik, dia mencuri ide dari seseorang melalui mimpi, dimana saat itu pertahanan memori seseorang sangat lemah. Proses ini dinamai Extractor. Kisah diawali dengan proses pencurian ide dari seorang pengusaha kaya Saito (Ken Watanabe) tapi usaha itu gagal. Tapi setelah peristiwa itu justru cobb ditawari Saito melakukan suatu pekerjaan yang dinilai sulit dan berbahaya. Cobb tidak hanya mencuri ide, lebih dari itu menanamkan suatu ide kepada seseorang yang lebih dikenal dengan Inception, yang menjadi targetnya adalah Robert Fischer Jr (Cillian Murphy) pesaing bisnis Saito.
Tawaran itu rasanya tidak mungkin ditolak karena selain uang, saito bakal memberikan satu kompensasi berupa pembebasan Cobb dari segala tuduhan kejahatan dan kembali bertemu dengan buah hatinya. Cobb mulai menyusun strategi dan menyusun tim baru : Michael Cain (Miles) mentor sekaligus Mertuanya, Joseph Gordon-Levitt (Arthur) bertugas meneliti target, Ariadne (Ellen Page) yang merancang set dunia mimpi, Eames (Tom Hardy) bertugas melakukan penyamaran, dan Yusuf (Dileep Rao), ahli peramu bahan-bahan kimia. Mungkin kah misi mereka bakal berhasil?

Ditengah maraknya krisis dan mandulnya ide dari film-film keluaran Hollywood, Nolan menawarkan sesuatu boleh dibilang fresh dan brillian walaupun tidak begitu orisinil. Saya merasa ini merupakan penggabungan antara film Matrix dan Mission Impossible. Menurut saya Konsepnya sederhana, kurang lebih seperti hipnotis, sebuah proses persuasif terhadap seseorang tanpa disadari orang tersebut. Namun oleh Nolan dibuat menjadi suatu alur cerita yang lebih kompleks dan rumit dengan beberapa tingkatan mimpi, dimana setiap tingkatan mimpi mempunyai perbedaan waktu yang signifikan, di lima menit di dunia nyata akan sama dengan satu jam ditingkatan mimpi pertama, satu jam tingkatan mimpi pertama akan sama dengan setahun mimpi tingkatan kedua begitu seterusnya. Selain itu cara membangunkan dari mimpi cukup cerdas dengan konsep "tendangan" dimana tiap tingkatan mimpi dilakukan dengan cara yang berbeda.

Film Inception boleh saya bilang merupakan sebuah pencapaian kesempurnaan suatu karya seni film. Penggabungan unsur naratif dan sinematik yang ciamik. Penuturan cerita yang terstuktur dengan dialong–dialog mengalir cepat yang tidak terlepas dari kecermatan editing. Untuk lebih mengumbar sisi emosional, Nolan menambahkan subplot dengan kehadirian istri cobb yakni mal (Marion Cottilard) yang mempunyai hubungan kisah cinta dimasa lalu yang cukup rumit yang kehadirannya sewaktu-waktu bisa mengganggu misi yang sedang dijalankan cobb dan tim. Walau terkesan twist ending, sepertinya nolan masih menyembunyikan akhir misteri dari seorang cobb yang harus dianalisa dan disimpulkan sendiri oleh penonton.

Dari sisi Casting Kemampuan akting dicaprio yang mumpuni terlihat sangat menonjol, apalagi berperan sebagai seorang suami yang gamang terhadap hubungan dengan istrinya mengingatkan saya dengan film Shutter Island. kehadiran bintang muda menjadi daya tarik tersendiri seperti Ellen page yang mengagumkan di film Juno, Joseph Gordon-Levitt yang sukses lewat (500) days of summer, Tom Hardy yang siap menggantikan icon polisi jalanan Mad Max yand dulu diperankan oleh Mel Gison, tapi sayang karakter mereka kurang tergali tapi sepertinya kekurangan ini termaafkan dengan apa yang disajikan nolan secara keseluruhan.

Satu lagi yang membuat saya berdecak kagum tentunya visual effect yang disajikan terutama visualisasi dunia mimpi yang dibangun Ariadne seperti sebuah kota yang bergerak melengkung, adegan slow motion ledakan di dekat sebuah café dan scene fighting tanpa gravitasi. Intensitas ketegangan semakin bertambah dengan scoring garapan Hans Zimmer yang mengingatkan saya di film The Dark Knight dan Batman Begins.

Secara keseluruhan Christopher Nolan berhasil memberikan satu tontonan yang menghibur sekaligus berkualitas di tahun 2010.

RATING

5 Comentários:

Budi Cahyono mengatakan...

Meski Leonardo tampil prima disini dan Marion Cottilard juga yahud, ku tertarik banget nih ama Ellen Page, dia keliatan cantik disini.. he

e2p mengatakan...

Yup mas budi... sy suka ellen page.. main dewasa aja... kalo di juno masih kelihatan piyik he.he.he..

Bang Mupi mengatakan...

setuju Ellen Page keliatan cantik dan dewasa disini.

Anonim mengatakan...

gw coba kumpulin reviewan film ini dari beberapa blogger di blog gw.

termasuk tulisan e2p di atas.

salam kenal e2p

e2p mengatakan...

@Kreshnahary : Makasih... salam kenal balik :):)

Posting Komentar

Daftar Blog Teman

pump up your life

E2P © 2008 Template by Dicas Blogger.

TOPO