Selasa, 16 Maret 2010

GREEN ZONE

Melalui sebuah informasi yang dikeluarkan intelejen Amerika Serikat, Roy Miller (Matt Damon) bersama timnya ditugaskan untuk mencari bom pemusnah massal yang diduga disembunyikan oleh pihak Irak di suatu tempat. Miller dan timnya bergerak cepat menuju sasaran. Ternyata dilokasi yang jadi target operasinya tidak ditemukan apa-apa, hanya sebuah pabrik toilet. Ini menimbulkan tanda tanya besar bagi Miller. Informasi yang diperoleh dari intelejen seharusnya akurat dan benar. Dengan bantuan seorang Agen CIA Marty Brown (Brendan Gleeson), Miller dan beberapa anak buahnya menyelidiki kebenaran informasi.Berdasarkan petunjuk dari seorang warga irak informasi mengarah kepada seorang pejabat irak yang mengetahui soal kebenaran bom pemusnah massal tersebut. Semakin sulit bagi miller menjalankan misi ini karena mendapat tekanan dari pihak penguasa di Washington.


Setelah sukses dengn dua film Bourne terdahulu, Paul Greengrass mengajak kembali Matt Damon dalam film berlatar belakang film Irak. Film ini diinspirasi oleh sebuah buku non-fiksi berjudul "Imperial Life in the Emerald City” yang ditulis oleh Rajiv Chandrasekaran dan penulisan skenario dibantu oleh Brian Helgeland. Green Zone mempunyai cerita yang sederhana dan sangat realistis, tetapi oleh Greengrass dengan pola pengambilan gambar "Hand held" ditambah musik latar garapan John Powel dengan sound perkusi cukup dominan menjadikan film ini mempunyai intensitas ketegangan yang cukup tinggi dan dinamis.


Selain itu Paul berhasil menghadirkan suasana perang Irak ditahun 2003 terasa kental dengan Visualisasi sisa-sisa gedung-gedung yang hancur dan pemboman di beberapa wilayah tampak begitu nyata. Tapi sayang karakter utama Miller yang terlalu dominan sehingga karakter-karakter yang lainnya hanya sekedar tempelan. Walaupun genre dan cerita film Green Zone berbeda dengan film Bourne, tetapi dengan pola penggarapan yang sama, Paul Greengrass dengan film terbarunya ini berharap akan bisa sesukses film Bourne. Secara keseluruhan film ini cukup menjanjikan sebagai tontonan yang menghibur.

Rating : 7,5/10

Seja o primeiro a comentar

Posting Komentar

Daftar Blog Teman

pump up your life

E2P © 2008 Template by Dicas Blogger.

TOPO