Sabtu, 13 Maret 2010

Rosemary's Baby (1968)

Sepasang suami istri Guy Woodhouse (John Cassavetes) dan Rosemary Woodhouse (Mia Farrow) memulai hidup baru dengan menempati sebuah apartemen baru, tak lama kemudian Rosemary hamil. Selama kehamilan rosemary selalu mengalami mimpi buruk, Selain itu banyak kejadian aneh yang menghantui pikirannya seperti kematian beberapa temanya secara misterius, perilaku suami dan tetangganya yang akhir-akhir ini dianggap aneh. Rosemary sendirian mencoba menguak misteri yang menyelimutinya akan tetapi orang-orang disekitarnya menggangap Rosemary berhalusinasi dan mengada-ada. Akhrinya dia baru menyadari bahwa ada kekuatan magis yang berusaha menguasainya. Siapa yang melakukan dan apa tujuannya?


Film bergenre horror klasik ini awalnya merupakan novel karya ira Levin yang kemudian diangkat ke layar lebar oleh sutradara Roman Polanski. Film ini memberikan sentuhan berbeda dari film horor umumnya, lebih menonjolkan unsur psikologis dan kekuatan akting Mia Farrow, bahkan salah satu aktris pendukungnya yang memerankan minnie yang dimainkan oleh Ruth Gordon meraih piala oscar untuk kategori aktris pendukung terbaik. Di paruh awal plot-nya terasa datar dan penuturan cerita yang sederhana tetapi diparuh kedua secara perlahan-lahan dibuka tabir yang menyelimuti mimpi buruk dan kegalauan seorang Rosemary’s walau diakhir cerita tetap menyisakan pertanyaan.


Faktanya lainnya film ini memunculkan satu kisah tersendiri yang terkenal dengan kutukannya, apakah ini suatu kebetulan atau tidak, yang jelas composer musiknya yaitu Krzysztof Komeda tewas akibat penyumbatan otak persis seperti yang terjadi pada salah satu karakter film tersebut yaitu Hutch, produsernya William Castle terkena gagal ginjal selama proses produksi produksi film berlangsung, begitupula dengan sang sutradara Roman Polanski mengalami kejadian sial setelah film ini selesai diproduksi.

Rating : 8,5/10

2 Comentários:

gilasinema mengatakan...

Ini salah satu horor terbaik yang pernah kutonton, meski memuat beberapa adegan yang lumayan vulgar. Pasangan tua itu benar-benar menyebalkan dan endingnya bagus banget!
Semoga film ini tidak diremake

e2p mengatakan...

Gilasinema : setuju jangan diremake.. ato mungkin engga yg berani takut kena kutukan :):). kalo engga salah gw pernah baca bakal mo diremake dg bintangnya demi moore..

Posting Komentar

pump up your life

E2P © 2008 Template by Dicas Blogger.

TOPO