Sabtu, 24 April 2010

THE GHOST WRITER

Ewan McGregor (sepanjang film ini tidak pernah disebut-sebut nama tokohnya) adalah seorang penulis handal ditawari agennya untuk melanjutkan menulis sebuah memoir dari mantan Perdana Menteri Inggris Adam Lang (Pierce Brosnan), dimana penulis sebelum meninggal dunia secara misterius. Awalnya menolak tapi karena diimingi-imingi uang yang cukup besar akhirnya ia besedia. Ketika memulai tugas ia mulai menemukan banyak keganjilan yang mengusik rasa ingin tahunya, sedikit demi sedikit ia mengumpulan potongan-potongan infomasi yang merujuk pada sebuah fakta yang tidak pernah ia duga.




Setidaknya ada tiga faktor yang membuat saya tertarik menyaksikan film Ghost Writer, pertama, genre Suspene Thriller, genre yang pada umumnya mempunyai plot ceritanya penuh teka-teki dan memaksa penonton untuk tidak melewatkan aspek-aspek yang ada di film tersebut dan selalu mengecoh penonton. Sebagian tokoh didalamnya mempunyai karakteristik yang penuh misteri dan abu-abu. kriteria diatas sudah terpenuhi di film ini.
Kedua, digarap oleh sutradara veteran Roman Polanski, Tidak banyak film yang dia hasilkan, tapi beberapa karya cukup monumental , dua diantaranya Film The Pianist dan Rosemary's Baby. The Pianist yang dibintangi Adrian brody meraih piala Oscar sebagai sutradara terbaik tahun 2003, dan film klasik Horor berjudul Rosemary baby (1968) yang merupakan salah film horor terbaik di masanya dan gosipnya film menuai kontroversi karena film penuh kutukan. Review bisa baca disini.
Ketiga, karena dua aktor pemeran utama: Ewan McGregor dan Pierce Brosnan dua aktor kelahiran inggris yang sudah tidak diragukan lagi aktingnya. Ewan yang berperan sebagai seorang penulis yang mumpuni dan cerdas dengan penampilan yang kalem dan cuek membuat penonton simpati pada tokoh ini. Pierce brosnan berperan sebagai seorang mantan Perdana Menteri cukup kharismatik dan berhasil melepaskan bayang-bayang sebagai James Bond.



Ghost Writer diadaptasi dari sebuah novel karya Robert Harris yang terkenal juga dengan novel karyanya yang berjudul Silence of the Lambs. Naskah ini dikerjakan bersama-sama di tempat pengasingan Roman di sebuah Pulau. Hal ini dikarenakan permasalahan yang mendera dirinya akibat tuduhan pelecehan sekual terhadap anak dibawah umur yang telah berlangsung cukup lama. Sepanjang film didominasi dengan cuaca yang mendung dan kelam. Mungkin ini gambaran dari seorang Roman Polanski yang masalahnya belum selesai hingga kini. Walau usianya sudah lanjut tapi setidaknya ini awal kebangkitan Roman Polanski untuk menelurkan karya-karya yang berkualias. Film yang sangat layak disaksikan sebagai tontonan di akhir pekan

Rating : 8/10



Seja o primeiro a comentar

Posting Komentar

Daftar Blog Teman

pump up your life

E2P © 2008 Template by Dicas Blogger.

TOPO