Selasa, 29 Juni 2010

THE OTHERS (2001) - Review

Kisahnya berseting tahun 1945, hidup seorang wanita bernama Grace Stewart (Nicole Kidman) yang tinggal bersama kedua anaknya Anna (Alakina Mann) dan Nicholas (James Bentley), merek tinggal disebuah rumah yang sangat besar di wilayah Jersey, Channel Islands. Grace hidup menjanda karena ditinggal mati suaminya karena perang. Suatu hari Grace merekrut tiga orang pembantu rumah tangga Bertha (Fionnula Flanagan), Lydia (Elaine Cassidy), dan Edmund (Eris Sykes) yang mengurus kebun. Grace menerapkan beberapa aturan tehadap mereka salah satunya dilarang membuka gordyn di siang hari karena anak-anak Grace mengalami trauma terhadap cahaya matahari dan apabila terkena kulit mereka akan melepuh.Awalnya berjalan normal, tapi gejala aneh mulai timbul semenjak Anna berteman dengan seorang anak kecil yang bernama viktor, padahal tidak ada anak yang bernama viktor selain mereka. Lama-kelamaan Grace mulai mencium adanya kehadiran adanya penghuni lain dan mereka semua merasa terganggu, misteri apa di balik semua itu, lantas apa hubungannya dengan kehadiran ketiga pembantu tersebut?

Apa yang terpikir dalam benak kita tentang sebuah film yang berkisah tentang hantu?, yup kita akan disuguhkan mahluk/sesuatu berwujud mengerikan dan menyeramkan yang siap menebar terror yang membuat manusia ketakutan dan selalu berakhir dengan kematian yang mengenaskan. Tapi ditangan sutradara kelahiran chili Alejandro Amenabar film bergenre hantu digarap dengan sisi cerita yang sangat berbeda walau plotnya terasa biasa-biasa saja. sosok hantu tampil lebih “humanis” tanpa menghilangkan unsur ketegangan. Tapi hal ini bukan sesuatu yang baru, ada beberapa film yang bertipe sama salah satunya Sixth Sense (1999) garapan Shyamalan.

Kisah fiksi ini sebenarnya bisa saja dekat dengan kehidupan kita, tapi dengan angle yang berbeda. Mungkin kita tidak sadar bahwa dilingkungan sekitar kita ada “penghuni” lain, hidup berdampingan dengan dimensi yang berbeda tentunya, hidup berdampingan tanpa harus ada komunikasi. Manusia akan merasa terganggu apabila "mereka" menampakan diri. Dengan penampakan ini apakah karena "mereka" juga merasa terganggu manusia, atau hanya sekedar absen "gue juga ada lho!!!" . Manusia diciptakan sebagai mahluk paling mulia yang seharusnya tidak takut, tapi kenyataannya sebaliknya karena "mereka" hadir dengan cara diluar logika manusia.

RATING

2 Comentários:

Bang Mupi mengatakan...

walaupun ending Sixth Sense sangat mengejutkan. Tapi ending The Others tidak kalah brilian juga. Bahkan gua lebih suka film ini daripada Sixth Sense.

Blog Gado Gado mengatakan...

film yang pengen gue nonton tapi ga kesampain sampe sekarang :(

Posting Komentar

Daftar Blog Teman

pump up your life

E2P © 2008 Template by Dicas Blogger.

TOPO