Senin, 09 Agustus 2010

UP IN THE AIR (my review)

Mem-PHK orang bukan perkara yang mudah karena menyangkut sisi emosional dan sisi kehidupan ekonomi sosial seseorang. Diperlukan keahlian khusus untuk mengeksekusi tugas ini, harus pandai mengendalikan emosi orang lain tanpa ia terbawa arus emosi. Orang yang tepat melakukan pekerjaan ini adalah Ryan Bingham (George Clooney) seorang eksekutif yang kaya, pintar, ganteng dan berdedikasi tinggi terhadap pekerjaannya, fokusnya memang membantu klien/perusahaan yang dianggap pengecut untuk memecat karyawannya. Ryan mengabiskan waktunya di udara dan terbang dari satu kota ke kota lainnya. Profesinya ini telah banyak mempengaruhi kehidupan pribadinya yang hidup bebas dan tanpa ikatan emosional dengan seseorang.Ryan Betul-betul menikmati prinsip hidup yang ia jalani sekarang ini. Sampai suatu ketika prinsip hidup yang dianutnya mulai goyah setelah ia bertemu dengan 2 orang wanita, pertama Natalie Keneer (Anna Kendrick) salah satu partnernya yang menjunjung tinggi kehidupan hubungan sosial yang harmonis dan langgeng, dan perempuan kedua bernama Alex Goran(Vera Farmiga)seorang pebisnis yang dinamis yang sering melakukan perjalanan ke luar kota yang membuat Ryan jatuh hati.

Sutradara Jason Reitman memang piawai mengangkat satu kisah tentang problematika kehidupan yang umum dialami sebagian manusia menjadi suatu jalinan kisah yang manarik dengan dialog-dialog yang cerdas. Masih inget dengan Film Juno yang plot-nya cukup sederhana, seorang ABG yang hamil diluar nikah, tapi ditangan Reitman kisahnya menjadi lebih menarik, menggelitik, menawarakan satu pesan moral tanpa harus menggurui begitupula dengan Film Up in the Air yang ceritanya diadaptasi dari sebuah novel karya Walter Kim. Ada satu pesan kuat yang saya tangkap lewat film ini bahwa seseorang boleh saja punya segalanya baik itu karier, materi ataupun kekuasaan tapi kalau urusan hati itu lain. apabila sudah tersentuh sekali saja maka dalam sekejap segalanya bisa berubah. dan ingat bahwa manusia itu adalah mahluk sosial yang butuh interaksi sosial yang lebih intim dengan yang lainnya. Bagian Cerita lain yang saya suka adalah proses PHK yang dimainkan oleh beberapa figuran yang tampil begitu natural, mengesankan dan cukup menyentuh emosi.

Untuk urusan Cast Reitman tidak salah memilih George Clooney untuk memerankan Ryan Bingham, dipilihnya Clooney memerankan tokoh ini bisa jadi karena karekternya tidak berbeda jauh dengan kehidupan nyata George Clooney. Penampilan Vera Farmiga cukup menggoda begitupula dengan Anna Kendrick, seorang gadis muda yang polos tapi cerdas. Tidak heran kalo Up In the Air dalam ajang Academy award 2010 yang diadakan beberapa bulan yang lalu mendapat nominasi 6 kategori termasuk untuk pemeran utama pria.

RATING

4 Comentários:

Bang Mupi mengatakan...

Gua suka film ini. Film romantis tanpa adegan romantis menurut gua.

e2p mengatakan...

Betul bang mupi adegan romantismenya engga berasa.. justru yang bikin tersentuh waktu proses PHK karyawan..akting figurannya natural...

Dodo Wiyono mengatakan...

one of the best movie i ever seen in 2010.

Sinematografinya bagus banget,,apalagi setting bandara-bandaranya yg menakjubkan.

Soundtrack akhirnya pun juga bagus.

e2p mengatakan...

@Dodo: saya setuju itu salah satu film terbaik tahun 2010

Posting Komentar

Daftar Blog Teman

pump up your life

E2P © 2008 Template by Dicas Blogger.

TOPO