Senin, 27 Juli 2009

PUBLIC ENEMIES : "Jack Sparrow vs Bruce Wayne"

Diawali John Dillinger (Johnny Depp) beserta John Hamilton (Jason Clarke) mendatangi penjara di wilayah Indiana untuk membebaskan teman-temannya dan mereka berhasil melarikan diri dan bersembunyi di Chicago. Tak berapa lama Mereka beraksi kembali merampok beberapa bank dan dengan mudahnya mereka berhasil membawa uang hasil rampokannya dan berhasil kabur dari kejaran polisi. Hal ini membuat frustasi pihak kepolisian. Dengan keterbatasan dana anggaran untuk memberantas kejahatan yang semakin merajalela, akhrinya kepolisian membentuk suatu biro yang dinamakan FBI yang dipimpin langsung oleh J. Edgar Hoover (Billy Crudup). FBI menetapakan dillinger sebagai “the most wanted Crime”. Untuk menjalankan misi ini FBI menunjuk Agen Melvin Purvis (Christia Bale) sebagai Pimpinan karena Melvin mempunyai reputasi sangat baik dalam menangkap penjahat-penjahat besar salah satunya Pretty Boy Floyd (Channing Tatum). Apakah Usaha Melvin Purvis dan timnya berhasil menangkap John Dillinger yang terkenal karena cerdik dan piawai dalam meloloskan diri dari kejaran Aparat?
Film public Enemies (2009) besutan sutradara langganan nominasi oscar michael Mann merupakan film yang didaptasikan dari buku non fiksi karya Bryan Burrorugh dengan judul asli The Most Public Enemies: America’s Greatest Crime Wave and the Birth of the FBI 1933-34.

Micahel Mann merupakan sutradara yang multi genre yang piawai meramu kisah drama yang memikat dengan aksi laga terutama aksi kontak senjata serta piawai mengarahkan aktor-aktrisnya. Ini terbukti, Mann berhasil menghidupkan kembali kharismatik seorang penjahat legendaries John Dillinger lewat peran dimainkan aktor kawakan yang sudah tidak diragukan lagi Johnny Depp (Pirates of the Carribean Trilogy). Lewat film ini tidak saja menghadirkan aksi-aksi kejahatan John Dillinger tapi juga mengahadirkan sekelumit kisah asmara Dillinger dengan seorang wanita cantik nan seksi Billie Frechette (Marion Cottilard). Untuk mengimbangi permainan Jhonny depp, Michael Mann merekrut aktor besar lainnya yang sedang naik daun Christian Bale (Batman Begin, Dark Knight). Pertemuan dua actor besar Ini mengingatakan saya dengan filmnya Michael Mann terdahulu yaitu Heat (1995) yang mepertemukan dua aktor besar saat itu yakni Al pacino dan Robert De Niro.
Dengan pengambilan gambar di lokasi aslinya dan Musik latar garapan elliot Goldenthal menambah suasana era tahun 1930-an makin terasa kental. Selain itu ada salah satu scene saat aksi penyergapan di tempat persembunyian Dillinger,sepertinya Michael Mann mempergunakan kamera khusus dengan pola Handheld sehingga terkesan film dokumenter.

Tak ada Gading yang tak retak, secara kualitas film ini diatas rata-rata akan tetapi menurut saya pribadi masih ada beberapa kekurangan:
1. Tidak diceritakan latar belakang kehidupan John dillinger, hal ini perlu diceritakan walaupun hanya sekilas setidaknya ini memeperkuat karakter dari John Dillinger
2. Porsi Pengambilan gambar dengan pola handheld yang terlalu sering mengganggu saya dalam mengikuti jalan cerita
3. John Dillinger seorang penjahat yang mendapat simpati masyarakat, tapi dalam film ini tidak tergambarkan
4. Fokus dengan 2 karakter Utama membuat karakter pendukungnya lainnya tidak berkembang dan tidak detail
5. Ending yang terlalu singkat dan kurang dramatis

Secara keseluruhan film ini cukup memuaskan; 80%

5 Comentários:

Bang Mupi mengatakan...

belum maen di bandung euy. Payah ah.

e2p mengatakan...

gw pikir maen seluruh ind.tahunya jakarta doang yah.. Bang, kalo pengen cepet nonton di bootleg dong..he..he...

Anonim mengatakan...

ya, tidak ada gading yang tak retak. film ini masih kurang sesuatu untuk bisa disejajarkan dengan G0DFATHER.
tapi sudah ngungkapinnya kurang di mana.
aku link ya blogmu (kunjungan balik nih)

e2p mengatakan...

thanks bro..kunjungannya.. kalau mnrt gw jauh dibawah godfather dan sedikit dibawah untouchable..

Bang Mupi mengatakan...

yeah...gua kurang suka film ini. Masih lebih suka Miami Vice. Tapi soundnya , buset semantap Miami Vice, apalagi suara tembakannya.

Posting Komentar

Daftar Blog Teman

pump up your life

E2P © 2008 Template by Dicas Blogger.

TOPO