Rabu, 12 Januari 2011

APOCALYPSE NOW (1979)

Pemain : Martin Sheen, Marlon Brando, Robert Duvall, Dennis Hopper, Harrison Ford, Laurence Fisburne, Sam Bottoms
Sutradara : Francis Ford Coppola
Penulis : Francis Ford Coppola, John Milius, Joseph Conrad
Genre : Drama, Perang
Musik : Carmine Coppola, Francis Ford Coppola
Sinematografi : Vittorio Storaro
Produser : John Ashley, Francis Ford Coppola, Gray Frederickson
Durasi : 153 menit
Rilis : 15 Agustus 1979 (USA)
Bujet : $ 31,5 juta
Studio : Zoetrope Studios
Distributor : United Artists/Paramount

Sekitar awal tahun 80-an waktu itu saya masih duduk 4 SD diceritakan oleh kakak saya bahwa Apocalypse now merupakan film perang Vietnam yang sangat bagus dan yang tertanam dalam benak saya sampai sekarang adalah hanya desain poster dengan wajah seorang pria botak meyeramkan dan disisi lain nampak sederetan siluet beberapa helikopter sedang terbang dengan latar belakang matahari terbenam, warna merah dan jingga mendominasi poster tersebut. Kini, Setelah hampir 30 tahun akhirnya saya bisa menyaksikan film ini seutuhnya lewat DVD.

Kisahnya berawal dari Kapten Williard (martin Sheen) mendapat tugas rahasia dari Kolonel Lucas (Harisson Ford) untuk menangkap hidup atau mati seorang perwira yang desersi bernama kapten Walter E. Kurtz ( Marlon Brando) yang bersembunyi di sebuah pedalaman di Negara Kamboja. Dengan dibantu oleh beberapa tentara yang dianggap berani dan gila, letnan Killgore (Robert Duvall), Miller (Laurence Fisburne), Lance (Sam Bottoms), mereka menjelajah pendalaman rimba Vietnam melalui jalan sungai. Bukan misi yang mudah, selain menghadapi alam yang ganas mereka harus menghadapi serangan dari tentara Vietnam dan yang paling berat mereka harus menghadapi disertir Kapten Kurtz seorang perwira yang sangat cerdas lulusan Universitas Harvard yang tadinya disiapkan untuk menjadi seorang jendral di kemiliteran Amerika serikat tapi Kurtz lebih memilih tinggal di pedalaman kamboja dan di dewakan oleh penduduk setempat.

kekerasan, pembunuhan, kegelisahan, ketakutan, kegilaan, kebencian merupakan unsur yang sudah umum sebuah film perang dan ini semua terakum dalam sebuah karya Sutradara Francis Ford Coppola. Film berdurasi 153 menit memiliki plot utama berupa misi menangkap perwira disersi yang pangkatnya lebih tinggi sementara selama alur cerita berjalan peperangan atau penyerangan melawan Vietnam lebih dominan.

Tokoh utama yang dimainkan Martin Sheen saya rasakan aktingnya biasa-biasa saja begitupula dengan Marlon Brando yang muncul kurang lebih di 30 menit terakhir. Padahal untuk tampil di film ini Marlon Brando dibayar mahal, bisa jadi kehadiran aktor ini menjadi salah satu nilai jual Apocalypse Now karena di era itu Marlon Barndo merupakan salah satu aktor yang sangat popular. Justru yang cukup menonjol aktingnya Robert Duvall yang menjadi seorang tentara yang gagah berani dan gila tapi nyalinya ciut begitu melihat harimau dan Dennis Hopper seorang wartawan foto yang menjadi kaki tangan Kurtz.

Yang lebih menarik visualisasi yang dihadirkan Coppola dengan pengambilan gambar dari berbagai sudut yang tepat terlihat artistik untuk sebuah film perang, visualiasasi sebagai sebuah film perang yang merupakan bagian dari simbol kekejaman dan kekerasan tergambar begitu nyata. Untuk menghasilkan sebuah karya yang sempurna Coppola membutuhakan waktu dua tahun hanya untuk pengambilan gambar yang dilakukan di Philipina. Hasilnya pada tahun 1980 Apocalypse Now mendapat penghargaan 2 piala oscar untuk kategori sinematografi dan tata suara terbaik.

RATING


Seja o primeiro a comentar

Posting Komentar

Daftar Blog Teman

pump up your life

E2P © 2008 Template by Dicas Blogger.

TOPO