Senin, 03 Januari 2011

10 Film paling menghibur di 2010

Lebih dari 300 film telah beredar di tahun 2010 baik itu hadir melalui bioskop, DVD ataupun event festival dan sebagian besar ditelurkan dari produksi Hollywood. Sama dengan tahun 2009 hollywood masih menunjukkan kemandulan dalam hal kreativitas dan orisinalitas cerita. Banyak film dibuat dengan remake, sekuel ataupun reboot dan parahnya sebagian besar hasilnya tidak sebaik dengan film sebelumnya atau aslinya dan ini sepertinya masih berlanjut ke tahun 2011. mereka hanya mengandalkan nama-nama bintang besar dan special effect.

Ekspektasi besar saya terhadap beberapa film ditahun 2010 ternyata hasilnya mengecewakan seperti Iron Man, Robin Hood, Alice in Wonderland, Knight and Day dan Clash of Titans. Akan tetapi ada beberapa film diluar dugaan sangat memuaskan seperti Inception dan Kick ass.

Banyak faktor yang mempengaruhi puas atau tidaknya sebuah tontonan bukan hanya dari sisi filmnya tapi dari sisi penontonnya itu sendiri antara lain faktor :
- Selera
- Ekspektasi
- Mood saat nonton
- Medianya (bioskop atau DVD)

Jadi sebuah film bisa menghibur atau tidak penilainnya cendrung lebih subjektif dan personal

Inilah 10 film di tahun 2010 yang menurut saya memuaskan dan sangat menghibur

1. INCEPTION
Salah satu karya masterpiece Christopher nolan yang menawarkan sesuatu yang fresh dan brillian walaupun tidak begitu orisinil akan tetapi ditangan nolan terlihat orisinil dengan visualisasi sangat mengagumkan. Film Inception boleh saya bilang merupakan sebuah pencapaian kesempurnaan suatu karya seni film. Penggabungan unsur naratif dan sinematik yang ciamik. Penuturan cerita yang tersrtuktur dengan dialong–dialog mengalir cepat yang tidak terlepas dari kecermatan editing.


2. KICK-ASS
Penggarapan berbeda dengan pakem kebanyakan super hero lainnya. Terlihat tidak seserius film hero lainnya tapi sangat mengibur terutama penampilan Chloe Moretz. beberapa adegan action yang disuguhkan terlihat berlebihan dan banyak kejutan tetapi saya bisa menikmati.


3. MY NAME IS KHAN
Kisah yang mengharukan. Cara pandang teroris dari seorang imgran asal India muslim yang mengidap sindrom asperger.


4. HACHIKO: DOG'S STORY
Sama dengan dengan My Name is Khan film ini yang bikin mata saya berkaca-kaca. Dengan tokoh sentral seorang anjing bernama Hachiko. Akting dan ekspresinya yang alami dan kita akan terbawa hanyut apa yang dirasakan Hachiko. Film ini yang merupakan remake dari film jepang buatan tahun 1987.


5. SHUTTER ISLAND
Kerjasama keempat kalinya antara sutradara Martin Scorsese dan Leonardo di caprio yang diangkat dari sebuah novel karya Dennis Lehane menyuguhkan drama psikologi thriller yang cukup kental. Ending yang mengejutkan dan menyisakan pertanyaan.


6. GHOST WRITER
Film garapan sineas veteran Roman Polanski berkolaborasi dengan dua aktor besar inggris Pierce Brosnan dan Ewan McGregor. menyuguhkan Suspene Thriller, dengan plot ceritanya penuh teka-teki dan memaksa saya untuk tidak melewatkan aspek-aspek yang ada di film tersebut yang bikin kita terkecoh. Sebagian tokoh didalamnya mempunyai karakteristik yang penuh misteri dan abu-abu.


7. RED
Dari sisi cerita terbilang biasa saja tetapi daya tarik film ini adalah penampilan dari bintang yang tidak muda lagi apalagi untuk bergenre Action. RED berhasil menyuguhkan sebuah film penuh aksi dan menegangkan dimana adegannya sendiri disesuaikan dengan “kapasitas” fisik pemeranya sehingga mereka terlihat lincah dan energik serta bumbu komedi yang cukup segar sehingga film ini enak ditonton.


8. SOCIAL NETWORK
Menyuguhkan sisi kelam sang pencipta Jejaring sosial termasuk konflik didalamnya. Intensitas cerita cukup terjaga dari awal sampai akhir dengan alur cerita flash back dan fincher Memang piawai dengan alur yang satu ini. Skenario yang dibuat Aaron Sorkin berhasil divisualisaikan dengan dialog-dialog yang solid, cepat dan cerdas.


9. UP IN THE AIR
Sutradara Jason Reitman memang piawai mengangkat satu kisah tentang problematika kehidupan yang umum dialami sebagian manusia menjadi suatu jalinan kisah yang manarik dan menggelitik. Ceritanya sendiri diadaptasi dari sebuah novel karya Walter Kim. menawarakan satu pesan moral tanpa harus menggurui. tokoh sentral Ryan Bingham diperankan dengan baik oleh George clooney sebagai seorang eksekutif yang arogan yang sebenarnya jiwanya rapuh.


10. THE A TEAM
Film yang diadapati dari serial TV terkenal di era 80-an saya anggap berhasil membuat sebuah film bergenre Action Comedy yang sangat menghibur, dari awal sampai akhir dipenuhi dengan aksi laga yang gila dan diselingi humor-humor yang segar dengan plot cerita yang mengalir cukup baik. Karakter dari tokoh The A Team berhasil dibangun dan diperankan oleh empat aktor tadi dan pas sesuai dengan aslinya.

2 Comentários:

Bang Mupi mengatakan...

Gua setuju dengan The A Team dan Up in The Air. Sisanya bukan ga setuju bro tapi kebanyakan belum nonton hehehe...

e2p mengatakan...

kalo inception dah pasti sepakat kan bang? :):)

Posting Komentar

Daftar Blog Teman

pump up your life

E2P © 2008 Template by Dicas Blogger.

TOPO