Jumat, 09 April 2010

MIYAMOTO MUSASHI Part I: Zen & Sword

Takezo dan Matahachi adalah dua orang pemuda yang selamat dalam pertempuran sekigahara melawan Toyotomi Hideyoshi. tak tahan dengan hidup yang luntang lantung akhrinya keduanya memutuskan untuk kembali ke kampung halaman. Karena suatu peristiwa Takezo dan Matahachi berpisah. Matahachi menghilang entah kemana dan Takezo Pulang sendirian. Malang benar nasib takezo pulang kampung bukannya disambut sebagai pahlawan tetapi sebaliknya seisi kampung mencapnya sebagai pembunuh. Takezo ditangkap dan diperlakukan bak penjahat. Seorang gadis teman Matahachi bernama Otsu jatuh cinta pada Takezo dan membantunya kabur. Berkat petunjuk seorang pendeta bernama Takuan yang sebelumnya telah menangkapnya, Takezo bersembunyi disuatu tempat untuk bersemedi dan memulai hidup baru dan berganti nama menjadi Musashi Miyamoto.


Film dengan subjudul Zen and Sword ini diadaptasikan dari novel terkenal karya Eiji Yoshikawa yang merupakan bagian pertama awal terbentuknya seorang Seorang pemuda yang bernama Takezo menjadi seorang musashi yang melegenda di abad Pertengahan.


Sepertinya sang sutradara kurang mengeksplorasi lebih dalam karakter Takezo untuk menjadikan suatu individu yang menarik, sepanjang film yang saya lihat di hanya berteriak, marah, berlari dan transformasi menjadi seorang musashi begitu mudah dan cepat yang awalnya hanya berdasarkan petunjuk seorang pendeta yang pernah menghianatinya. Adegan perkelahian ditampilkan seadanya tanpa ada trik-trik bela diri jepang pada umumnya dan hanya sedikit ditonjolkan kemampuan dan bakat Takezo dalam ilmu bela diri. Tidak diceritakan pula latar belakang Ibu Matahachi mengapa begitu membenci Takezo. Syukurlah kekurangan film ini sedikit termaafkan dengan sinematografi yang cukup baik untuk ukuran tahun enampuluhan, dengan latar belakang panorama pemandangan pedesaan di Jepang yang sangat indah.


Film ini saya saksikan dalam rangkaian pemutaran film-film samurai yang diselenggarakan oleh Japan Foundation bertempat di Hall F Gd. Summitmas I Lt2 Jalan Jendral sudirman, Jakarta tanggal 8,9,15, dan 16 April 2010. atau klik disini

SUTRADARA : Tomu Uchida
PEMAIN : Kinosuke Nakamura, Satomi Oka, Wakaba Irie
TAHUN : 1961
DURASI : 110 Menit

Seja o primeiro a comentar

Posting Komentar

Daftar Blog Teman

pump up your life

E2P © 2008 Template by Dicas Blogger.

TOPO