Senin, 20 Oktober 2008

BODY OF LIES


Judul ----------- : Body Of Lies
Pemain
---------: Leonardo de Caprio, Russel Crowe, Mark Strong
Sutradara ------
: Ridley Scott
Penulis
---------: William Monahan
Musik Score
----: Mark Streitenfeld
Genre
----------: Action/Drama/Thriller Spionase
Durasi
----------: 128 Menit
Rilis -----------
: 10 Oktober 2008 (Indonesia)
Produksi
-------: Warner Bros

Dikisahkan Roger Ferris (Leonardo De caprio) seorang agen intelejen lapangan CIA yang ditugaskan di Timur tengah . Karena kepiawaian ferris dalam mengungkap jaringan teroris di timur tengah maka ia diangkat oleh atasannya yang merupakan veteran CIA untuk kawasan timur tengah yakni Ed Hoffman (Russel Crowe) menjadi kepala Agen CIA di Yordania. Dalam memudahkan bekerja Ferris tidak sendirian, dia dibantu penduduk lokal yang ia percayai. Selama bekerja itu pula Ferris harus selalu berkomunikasi intensif dan harus saling tukar informasi dengan atasannya itu.

Tugas berikutnya ferris harus menangkap salah satu gembong teroris Al Saleem (Alon Abutbul), tidak mudah memang. Untuk itu ia harus bekerjasama dengan Agen intelejen yordania Hani (Mark Strong). Hani minta syarat, selama operasi ini berlangsung harus saling mempercayai dan saling tukar informasi. Tanpa sepengetahuan Ferris maupun Hani, Hoffman melakukan operasi pengintaian sendiri sehingga hal ini membuat marah Hani dan kerjasama diputus secara sepihak. Hal ini membuat Ferris kecewa dan merasa dihianati Hoffman, kelemahan ferris disini merupakan tokoh yang plin-plan dan beberapa kali dibohongi atasannya. Konflik makin pelik setelah pacar Ferris, Aisha (Golshifteh Faharani) terlibat. Ditengah ketidakpercayaan tim dapatkah Ferris bisa menangkap Al Saleem?

Trust no one. Deceive everyone

Film ini merupakan adaptasi dari novel dengan judul yang sama karya seorang kolumnis Washington Post David Ignatius. Film yang bergenre spionase disutradarai Ridley Scott yang sukses sebelumnnya dengan Blade Runner, Alien, Gladiator, Black Hawk down, dan American Gaster mencoba mengangkat kinerja para intelegen amerika yang bertugas ditimur tengah yang penuh dengan ketidakpercayaan, kecurigaan dan konspirasi. Menurut saya, film ini tidak terlalu istimewa masih lebih baik untuk film-film yang saya sebutkan diatas.

Ini merupakan pertemuan kedua aktor de caprio dan crowe setelah di Quick & Dead. Saya lihat acting antara de caprio dan crowe tidak memberikan chemistry yang cukup kuat. De caprio masih lebih baik di Blood Diamond terlebih crowe aktingnya terasa datar malah cendrung buruk. Justru akting yang paling bagus diperlihatkan oleh aktor mark Strong.

Berbeda dengan film lain sejenisnya Body of lies menyuguhkan pandangan baru tentang islam dari kacamata barat, Penulis skenario william monahan cukup detail perihal gambaran tersebut seperti salah satu dialog Ferris terhadap salah satu teroris kurang lebih seperti ini "Tidak ada tempat di Al Quran bagi pembunuh atau pelaku bunuh diri". Selain itu film ini lebih menonjolkan dialog dan kekuatan akting para pemerannya daripada adegan tembak-tembakan atau kejaran-kajaran. tapi sayang kekuatan skenario tidak diperankan secara bagus oleh para pemainnya.

Namun ada satu kelemahan dari sisi cerita dengan masuknya unsur romantisme atau percintaan antara Ferris dan Aisha yang terkesan dipaksakan. Bagaimana seorang intelejen profesional mau mengorbankan diri dan timnya hanya karena seorang wanita yang baru dikenalnya. yah... inilah gaya film hollywood.

Rating 3,5/5

Seja o primeiro a comentar

Posting Komentar

Daftar Blog Teman

pump up your life

E2P © 2008 Template by Dicas Blogger.

TOPO