Minggu, 26 Oktober 2008

HAPPENING (spoiler)

Virus yang aneh menyebar lewat udara menyerang kota Philadelphia. Tidak ada seorangpun yang bisa lolos dari serangan virus tersebut. Gejala yang diakibatkannya adalah seseorang melakukan bunuh diri tanpa sebab yang jelas. Kemudian Isu beredar bahwa yang meyebarkannya dilakukan oleh sekelompok teroris. Baru diketahui bahwa virus tersebut dihasilkan oleh tanaman dan pohon.

Diceritakan salah satu penduduk yang juga terkena ancaman virus yaitu Elliot Moore (Mark Wahlberg) seorang guru ilmu pengetahuan bersama istri
Alma (Zooey Deschanel) serta seorang keponakannya berusaha melarikan diri menghindari ancaman tersebut. Satu-satu caranya adalah meninggalkan kota tersebut dan mencari wilayah yang kira-kiranya aman. Seberapa jauh virus tersebut sudah menyebar dan dimanakah kira-kira wilayah yang dianggap cukup aman?. Darimanakah asal virus tersebut berasal? Dan bagaimana pencegahannya ? Pihak berwenang tidak mampu menjawab persoalan tersebut.

Film garapan Sutradara keturunan india Night M. Shyamalan mencoba menggali isu tema yang akhir-akhir ini hangat dibicarakan yaitu Global Warming. Film tersebut digarap dengan pendekatan yang berbeda dibanding dengan film-lain yang sejenis. Penonton dibawa untuk berpikir keras dan dipaksa untuk mengikuti alur cerita sehingga penonton akan cari tahu sendiri pesan apa yang dibawa di film ini.

Saya kecewa dengan film ini, tidak sebagus film-film dia sebelumnya seperti Village, ataupun Sixth sense yang selalu memberikan penuh kejutan. Isi cerita dan penggarapannya yang tidak begitu detail. Dari awal tidak diceritakan tentang asal-asul dan pola penyebaran virus tersebut begitupula endingnya yang tidak selesai dan dibiarkan begitu aja. script cerita yang lemah dan mengambang. Tidak ada kesimpulan yang bisa terjawab dari sepanjang film tersebut.

Akting yang dilakukan Mark Wahlberg maupun Zooey Deschanel boleh dikatakan buruk, sebagai suami istri tidak ada chemistry yang dibangun dengan kuat, cendrung kaku. Script cerita yang tidak jelas saya kasih cuman 2 bintang ditambah ide yang lumayan, saya kasih 1 bintang.

Rating 3/5

Seja o primeiro a comentar

Posting Komentar

Daftar Blog Teman

pump up your life

E2P © 2008 Template by Dicas Blogger.

TOPO