Rabu, 03 Februari 2010

AVATAR vs TITANIC

Siapa yang tidak kenal dengan James Cameron, Seorang sutradara film yang fenomenal, seorang visioner di bidang teknologi perfilman. Hampir semua orang memperbincangkan film terbarunya Avatar, sebuah film dengan sentuhan seni teknologi visual effects yang sampai saat ini bisa dibilang sempurna.Dengan setting alam Pandora yang indah dimana terdapat mahluk hidup, flora, dan fauna yang sangat mempesona terlihat begitu nyata. Lebih menghebohkannya lagi Avatar (2009) berhasil "menenggelamkan" Titanic (1997) dan memecahkan rekor baru sebagai sebuah film dengan pendapatan tertinggi sepanjang sejarah perfilman dunia dengan perolehan sebesar US$ 1,859 Milliar mungkin bisa bertambah lagi karena masih diputar dibeberapa negara. Sementara Titanic sendiri membakukan pendapatan sebesar US$ 1,843 Milliar. Uniknya lagi film Titanic dibuat juga oleh James Cameron. Artinya James Cameron adalah satu-satunya sutradara film pemegang rekor dunia pendapatan tertinggi dua kali berutut-turut. sudah sepantasnya dia mendapat julukan "King of the World". Yang jadi pertanyaan, secara kualitas mana yang lebih baik Avatar atau Titanic? sempat topik ini menjadi perbicangan hangat di beberapa milis.


Menurut saya pribadi agak sulit membandingkannya karena ini menyangkut kepada soal selera, selain itu genre dan masa yang berbeda, Titanic lebih menonjolkan drama roman, sementara Avatar lebih menonjolkan teknologi visual effects, dibandingkan secara teknologi pun tidak bisa karena dengan rentang waktu 12 tahun jelas teknologi perfilman sekarang lebih maju. Tapi keduanya mempunyai cerita yang sama-sama tidak orisinil, Titanic tidak beda jauh dengan "siti Nurbaya dengan style Hollywood", Avatar terinpirasi dari film Pochantas dan setting alam pandora yang terinpirasi dari karya Artwork era 80-an beraliran surealis Roger Dean.


Mutlak pendapatan Avatar lebih besar daripada Titanic tetapi apabila parameternya adalah dengan banyaknya jumlah penonton kemungkinan bisa berbanding terbalik, bisa jadi Titanic mempunyai jumlah penonton yang lebih banyak. Asumsinya banyaknya pendapatan akan berbanding lurus dengan jumlah penonton tapi itu tidak selalu karena beberapa faktor, antara lain :
  1. Harga tiket sekarang lebih mahal belum lagi ditambah dengan format 3D yang jauh lebih mahal perbandingannya bisa 1 : 10
  2. Inflasi
  3. Saat ini orang memperoleh film lewat DVD bajakan atau donlotan dengan mudah dan cepat
Saya tidak menemukan data berdasarkan jumlah penonton, berbeda dengan perfilman Indonesia yang cenderung diukur dari jumlah penonton bukan pendapatan. Dengan pola ini mungkin bisa lebih objektif.


Setidaknya Film Avatar dan Titanic adalah dua contoh film yang sukses disegala bidang, artinya baik secara pemasaran maupun kualitas ini terbukti dari banyaknya penghargaan yang diperoleh. Film Titanic diajang Academy award tahun 1998 memperoleh 11 piala oscar dari 14 yang dinominasikan, sementara untuk penyelenggraan Academy Award tahun ini yang ke 82 menurut kabar terakhir Film Avatar memperoleh 9 nominasi Oscar untuk kategori : Best Picture, Directing , Sinematography, Film Editing, Art Direction, Original Score, Sound mixing, Sound Editing, dan Visual Effect, Apakah Film Avatar akan memborong semua kategori yang diperoleh, kita tunggu perheletannya tanggal 7 Maret mendatang.

7 Comentários:

gilasinema mengatakan...

Dari yang aku baca, kalo diputar sekarang, Titanic untuk peredaran domestik meraup lebih dari $900 juta.

Nontoono mengatakan...

untuk kategori aktor dan aktris emang gak dapet ya AVATAR.

BTW Titanic dan Avatar adalah 2 film yg termasuk dalam daftar film favoritku di Flixter

e2p mengatakan...

@gilasinema: berarti kalo perhitungan "dikonversikan" masih tetep tinggian Titanic dong yah?..
@Nontoono : kalo akting mereka sih biasa-biasa lagian akting-nya sudah ada "campur tangan" CGI.. jadi sulit untuk ngasih penilainnya...

Hobi Nonton mengatakan...

buat saya dua-duanya bagus.. lagian genre filmya emang beda :) mungkin semakin ksini bakal lebih maju tknologi yg dipakai...

sperti titanic, lanjut ke terminator, alien, terus ke avatar yg tknologinya tinggi

e2p mengatakan...

@Hobi Nonton : Setuju Sekali bro..:):)

Bang Mupi mengatakan...

Gua kok ga terlalu suka Avatar. Masih lebih mendingan Titanic deh. hehe...

e2p mengatakan...

@bang mupi: Titanic emang kuat di cerita, kalo avatar sih visual effect-nya apalagi pake 3D :)

Posting Komentar

Daftar Blog Teman

pump up your life

E2P © 2008 Template by Dicas Blogger.

TOPO