Jumat, 05 Februari 2010

Landscape Pandora, sebuah karya Orisinil-kah?

Membahas film Avatar sepertinya tidak akan pernah habis, salah satu yang menjadikan film ini fenomenal adalah teknologi visual effect yang disajikan. Untuk menghadirkan imaginasi berupa sebuah landscap Pandora dan penghuni bernama na'vi beserta mahluk hidup didalamnya James Cameron harus menunggu kurang lebih 12 tahun untuk mewujudkannya karena tekhnologinya belum memungkinkan pada saat itu. apakah Landsacape Pandora betul-betul murni hasil karya James Cameron atau terinpirasi karya lain?
Buat penggemar musik progresif rock atau Artrock era 80-an mungkin akan familiar dengan seorang pelukis atau ilustrator beraliran surealis Roger Dean, seniman kelahiran inggris tahun 1944 ini medesain cover album untuk beberapa group Rock saat itu seperti , Gun, Yes, Uriah Heep, Gentle Giant, Anderson Buford Wakeman. beberapa karyanya dijadikan inpirasi oleh James Cameron.

Batuan yang membetuk batang yang melengkung dari bawah keatas


Gunung Terapung, Roger Dean menamakannya Flight of Icarus


Hutan dengan pepohonan besar dan sangat lebat


Pohon dengan dahan yang besar dan kokoh



Flying Creature yang bernama Toruk Macto-Avatar penuh motif dengan warna dominan Jingga merah bercak hitam, dan warna hijau tosca bermotif yang dijadikan sebagi tunggangan bangsa Na'vi, sementara di karya Roger dean dijadikan sebagai cover album dari group band YES
yang jelas hasil karya kedua seniman ini dibuat dengan medium yang berbeda, Roger dean tertuang hanya dalam sebuah kanvas atau poster dengan 2 dimensi tapi sangat artitistik, sementara James Cameron lebih canggih dan lebih nyata. Setidaknya mimpi Roger Dean untuk memfilmkan karyanya bisa diwujudkan oleh James Cameron.

2 Comentários:

Nontoono mengatakan...

iya juga yaaa

mungkinkah ini sebuah indpirasi
atau benar meniru???

e2p mengatakan...

@nontoono: banyak kemiripannya tp gw anggap sih ispirasi, karena mereka bikin dengan medium yang berbeda. kalo baca di wikipedia emang si Roger Dean ingin memfilmkan karyanya

Posting Komentar

Daftar Blog Teman

pump up your life

E2P © 2008 Template by Dicas Blogger.

TOPO